Dasbor Pedagogi Koding & AI

Panduan interaktif untuk guru dalam menerapkan pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial yang efektif.

PROLOG - 3 | I Putu Ardi Supartawan | Ni Wayan Nursarita Prasistayanti | I Gede Surianta

Enam Prinsip Fondasi Pedagogis

Klik setiap kartu untuk melihat bagaimana prinsip ini diterapkan dalam konteks teknologi.

Ilustrasi Fondasi Pedagogis

1. Memahami Peserta Didik

Melakukan asesmen diagnostik pada literasi digital, pola pikir komputasional, dan gaya belajar siswa.

2. Teori Belajar

Mengutamakan Konstruktivisme, di mana siswa aktif membangun pemahaman dengan merancang dan membuat program.

3. Penguasaan Konten

Menghubungkan konsep abstrak (seperti algoritma) dengan solusi untuk masalah dunia nyata.

4. Mengembangkan Potensi

Menciptakan lingkungan belajar berbasis proyek yang memungkinkan beragam peran (desainer, programmer, analis).

5. Keterampilan Komunikasi

Melatih siswa untuk menjelaskan logika kode, mempresentasikan proyek, dan menulis dokumentasi teknis.

6. Penilaian & Evaluasi

Menerapkan asesmen otentik seperti evaluasi portofolio proyek di GitHub dan observasi proses debugging.

Mendorong HOTS dengan Taksonomi Bloom

Peta jalan untuk merancang pembelajaran berjenjang, dari LOTS ke HOTS. Klik pada bagan untuk detail.

Ilustrasi HOTS

Kerangka Kerja TPACK

Arahkan kursor ke setiap bagian untuk memahami sinergi antara Teknologi, Pedagogi, dan Konten.

Ilustrasi TPACK
PK
Pedagogical Knowledge: Pengetahuan tentang strategi dan metode mengajar, seperti PBL atau pembelajaran kooperatif.
CK
Content Knowledge: Pengetahuan tentang materi pelajaran, seperti konsep perulangan dalam Python.
TK
Technology Knowledge: Pengetahuan tentang alat teknologi, seperti platform coding online Replit atau Google Docs.
PCK
Pedagogical Content Knowledge: Menggunakan analogi "boneka Matryoshka" (PK) untuk menjelaskan konsep rekursi (CK) yang abstrak.
TCK
Technological Content Knowledge: Menggunakan Google Colab (TK) untuk mengajarkan analisis data (CK) secara interaktif.
TPK
Technological Pedagogical Knowledge: Menggunakan fitur polling di Zoom (TK) untuk asesmen formatif cepat (PK).
TPACK
TPACK: Proyek kelompok (PK) membuat program API (CK) menggunakan Replit (TK) yang difasilitasi guru.

Merancang Pembelajaran Mendalam

Dari kurikulum nasional hingga aktivitas kelas yang bermakna.

Ilustrasi Desain Pembelajaran

Alur Perencanaan: CP → TP → ATP

CP

Capaian Pembelajaran

TP

Tujuan Pembelajaran

ATP

Alur Tujuan Pembelajaran

Model Implementasi Aktif

Inquiry-Based

Berawal dari rasa ingin tahu. Cth: "Bagaimana cara kerja sistem rekomendasi YouTube?"

Problem-Based

Berangkat dari masalah otentik. Cth: "Sampah plastik di sekolah belum terkelola."

Project-Based

Fokus pada penciptaan produk. Cth: "Membangun sistem deteksi banjir sederhana."

Asesmen Otentik & Navigasi Etika

Menilai keterampilan abad 21 dan membahas pilar diskusi etika dalam AI.

Ilustrasi Asesmen dan Etika

Menilai Pemikiran Komputasional (CT)

Dekomposisi

Memecah masalah kompleks menjadi sub-masalah.

Pengenalan Pola

Mengidentifikasi kesamaan untuk menyederhanakan solusi.

Abstraksi

Fokus pada informasi kunci, abaikan detail tidak relevan.

Desain Algoritma

Merancang langkah logis, jelas, dan efisien.

Lima Pilar Diskusi Etika AI

Keadilan & Bias

Membahas bagaimana AI dapat mereplikasi bias masyarakat.

Privasi & Data

Bagaimana data pribadi dikumpulkan, digunakan, dan dilindungi.

Transparansi

Mempertanyakan apakah kita bisa memahami keputusan AI.

Akuntabilitas

Siapa yang bertanggung jawab ketika AI gagal.

Keamanan

Perlindungan terhadap penyalahgunaan AI, seperti deepfakes.