Rencana Pembelajaran Interaktif

Kolaborasi Efektif Melalui Kecerdasan Artifisial

Selamat Datang, Pendidik Inovatif!

Aplikasi ini mengubah Rencana Pembelajaran Mendalam menjadi sebuah pengalaman interaktif. Tujuannya adalah memberdayakan Anda untuk mengintegrasikan Kecerdasan Artifisial (KA) bukan sebagai alat bantu, tetapi sebagai mitra kolaboratif yang tangguh. Jelajahi setiap bagian untuk memahami kerangka kerja, alur kegiatan, hingga perangkat dan metode asesmen yang dapat Anda terapkan untuk menciptakan pembelajaran yang transformatif dan relevan dengan kebutuhan abad ke-21.

Gambar abstrak melambangkan pendidikan dan teknologi

Fokus Pengembangan: 8 Dimensi Profil Lulusan

Visualisasi ini menunjukkan delapan kompetensi inti yang dikembangkan secara holistik. Arahkan kursor ke setiap titik untuk melihat detail. Dimensi primer (yang menjadi fokus utama) ditandai dengan warna yang lebih kuat.

Fondasi Pembelajaran

Bagian ini menguraikan pilar-pilar konseptual yang menopang seluruh rencana pembelajaran, mulai dari kompetensi yang dituju hingga model pedagogis yang digunakan.

🎯Tujuan Pembelajaran

  • Menganalisis berbagai jenis perangkat KA untuk pendidikan.
  • Memilih perangkat KA yang paling sesuai dengan justifikasi kritis.
  • Menerapkan rekayasa prompt untuk kreasi konten pembelajaran.
  • Merancang rencana pembelajaran mini yang terintegrasi dengan KA.
  • Merefleksikan secara kritis proses kolaborasi dengan KA dan implikasi etisnya.

🛠️Praktik Pedagogis

Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) & Inkuiri

Model ini dipilih untuk mendorong peserta secara aktif membangun pengetahuan dengan memformulasikan masalah, mencari solusi, dan menguji berbagai perangkat KA untuk menghasilkan produk nyata yang relevan.

Kerangka Kerja TPACK Interaktif

Arahkan kursor pada setiap area untuk memahami bagaimana pengetahuan teknologi, pedagogi, dan konten bersintesis dalam rencana pembelajaran ini.

TK PK CK

TPACK

Arahkan kursor pada lingkaran untuk melihat detail.

Peta Jalan Pembelajaran

Ikuti alur pembelajaran yang sistematis ini, dirancang dengan siklus Memahami, Mengaplikasi, dan Merefleksi. Klik setiap tahapan untuk melihat detail aktivitasnya.

Tahap Awal: Fondasi & Diagnostik

Prinsip: Berkesadaran | Durasi: 1 JP

Asesmen Diagnostik & Pengantar

Memetakan pemahaman awal dan persepsi peserta tentang KA melalui jajak pendapat daring untuk menciptakan pemahaman bersama dan lingkungan yang aman.

Sesi 1: MEMAHAMI Lanskap KA

Prinsip: Menggembirakan & Bermakna | Durasi: 3 JP

  • Diskusi "KA: Kawan atau Lawan?": Menganalisis studi kasus etis untuk memantik penalaran kritis sejak awal.
  • "Perburuan Harta Karun KA": Aktivitas gamifikasi untuk eksplorasi berbagai fungsi perangkat KA secara menyenangkan.
  • Pengantar Rekayasa Prompt: Demonstrasi dan latihan merancang instruksi yang efektif untuk berkomunikasi dengan KA.

Sesi 2 & 3: MENGAPLIKASI Proyek Kolaboratif

Prinsip: Bermakna & Berkesadaran | Durasi: 6 JP

  • Definisi Masalah: Kelompok mengidentifikasi tantangan pedagogis nyata dari pengalaman mengajar mereka.
  • Penelitian Berbantuan KA: Menggunakan KA sebagai mitra berpikir untuk curah pendapat dan riset awal.
  • Kreasi Artefak Pembelajaran: Membuat produk digital (visual, simulasi, modul interaktif) dengan kombinasi perangkat KA.
  • Penyusunan Rencana Pembelajaran: Mengintegrasikan artefak ke dalam format RPP formal dengan justifikasi pedagogis.

Sesi 4: MEREFLEKSI Karya & Proses

Prinsip: Berkesadaran & Bermakna | Durasi: 2 JP

  • "Gallery Walk" & Umpan Balik Sejawat: Sesi pameran karya untuk saling memberi umpan balik yang konstruktif (Asesmen sebagai Pembelajaran).
  • Presentasi & Refleksi Kelompok: Berbagi wawasan tentang proses, tantangan (misal: halusinasi KA), dan pertimbangan etis.
  • Refleksi Individu & Rencana Tindak Lanjut: Menulis tujuan personal untuk implementasi di kelas masing-masing.

Toolkit & Evaluasi

Jelajahi perangkat digital yang direkomendasikan dan pahami bagaimana proses serta hasil belajar dievaluasi melalui rubrik yang komprehensif.

Toolkit Kecerdasan Artifisial

ChatGPT / Gemini

Untuk curah pendapat, pembuatan draf konten, dan sebagai mitra diskusi.

Copilot Designer

Membuat visualisasi konsep, ilustrasi materi ajar, dan aset grafis.

Curipod / Coursebox

Membantu otomasi pembuatan struktur pelajaran dan aktivitas interaktif.

Quizizz (AI)

Memfasilitasi pembuatan soal dan analisis penilaian secara efisien.

Google Colaboratory

Menjalankan skrip Python sederhana untuk simulasi tanpa instalasi rumit.

Julius AI

Menganalisis set data sederhana dan menghasilkan wawasan visual.

Rubrik Penilaian Proyek Interaktif

Arahkan kursor pada setiap sel untuk melihat deskripsi detail dari setiap level pencapaian. Ini akan membantu Anda memahami ekspektasi dari proyek akhir.

Kriteria Mulai Berkembang Berkembang Mahir Sangat Mahir